Senin, 18 Januari 2016

Review Semester 1 TPHP UGM

     Hai semua.. apa kabar lagi? Tak terasa uda mau ada pendaftaran kuliah lagi ya.. Pasti banyak yang bingung, banyak yang galau, banyak yang bertanya - tanya. Apalagi jurusan kece yang satu ini, Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian UGM.
     Banyak permintaan tentang review matakuliah, maaf kalau baru sempat tulis sekarang yaaaa... ^_^ lagi banyak kerjaan yang harus diselesaikan secepatnya nih heheheh
     Sekarang boleh deh kita bahas matakuliah satu per satu yaaa, tapi per semester aja yaaa *untuk mempersingkat waktu ^_^v
     Kita mulai dari semester 1 ya..
Di semester 1 ini ada 12 matakuliah wajib dengan bobot total 21 sks. Apa aja ya kira - kita matakuliahnya? Sulit nggak ya? Materi gimana ya? Dosennya gimana? Pertanyaan - pertanyaan ini nih yang sering muncul di pikiran calon - calon maba TPHP. Iya atau iya? hahahaha..
Yok kita bahas matakuliahnya.

Q : kak, apa sih matakuliahnya???
A : ini nih dek deretan matakuliahnya : Fisika Dasar, Praktikum Fisika Dasar, Kimia Dasar I (Anorganik), Kimia Dasar II (Organik), Praktikum Kimia Dasar, Matematika Dasar, Pengantar Teknologi Pertanian, Bahasa Inggris, Biologi Sel, Praktikum Biologi Sel, Sifat Fisik Pangan dan Hasil Pertanian, Pendidikan Kewarganegaraan.

Q : itu matakuliah wajib semua kak? -_- apa sih kak maksudnya matakuliah wajib?
A : iya dek, itu matakuliah wajib semua. Jadi di semester 1 ini matakuliahnya masih di plot in sama fakultas. Matakuliah wajib itu artinya kita wajib/harus ambil matakuliah itu di semester tersebut atau di semester sebelumnya. Tapi hal ini ndak berlaku di semester 1 dan 2. Why? Semester 1 dan 2 ini matakuliahnya masih paketan dari kampus jadi mau ndak mau kita harus ambil sesuai sks yang ada di semester itu. nah nanti kalau uda mulai di semeter 3 kita bisa pilih matakuliahnya, tapi matakuliah wajib disemester 3 tersebut harus diambil semua dulu. nah kalau matakuliah wajib di semester 3 itu uda di ambil semua dan sks nya belum mencapai sks maksimal yang uda ditentuin dari semster sebelum nya bisa ambil matakuliah pilihan disemester itu, atau di semester depan atau ambil matakuliah wajib di semester depan, tapi kalau semester ganjil ambilnya di semester ganjil juga, gtu juga kalau semester genap.

Q : ih kak aku bingung -_-
A : hahaha gini - gini kita ambil contoh aja yaaa.. ^_*
misalnya : di semester 2 aku dapat IP 3,5 (berhayal dulu hahahaha, moga kalian bisa mencapai IP itu atau bahkan lebih ^_^) nah di semester depan aku bisa ambil 24 SKS. Di semester 3, ada 6 matakuliah dengan bobot sks total 13 sks. Nah artinya ada sisa 11 sks lagi yang bisa kita ambil, untuk menggenapi sks tersebut (kalau kita ada niat buat ambil sks full/ 24 sks). Nah 11 sks itu aku bisa ambil matakuliah pilihan atau matakuliah wajib di semester ganjil (karena aku mau ambil semester 3 yang itu juga semester ganjil). Contohnya semester ganjil itu ada semester 5 dan 7. Gitu dek..

Q : ow gtu kak, yayaya mulai mudeng dikit - dikit kak. Aku balik ke matakuliah di semester 1 ya kak. Wih kak, banyak banget ya matakuliah di semestrer 1.. Kok kayaknya berat ya kak? -_- Kak ada fisika juga? Padahal kan aku nggak suka fisika kak. Gimana dong kak?
A : sekilas memang kelihatan banyak dan berat dek. Eiiitttsss tunggu dulu, jangan putus asa gitu dong. Sebenarnya ndak seberat yang kalian bayangkan kok..
Gini,
1. Fisika Dasar
Mungkin banyak dari kalian yang lemes denger matakuliah ini karena bayangan kalian mirip waktu di SMA ya? hahahaha tenang adek - adek semua, Take it easy. Di sini ndak semua materi fisika SMA kok yang dipelajari. Hanya bab tertentu aja :)
Menurut Buku Panduan Akademik Program Sarjana, yang dipelajari adalah seputar : konsep dasar fisika, sistem satuan, kinematika, dinamika, hukum Newton, hukum - hukum kekekalan, getaran, mekanika zat alir, kalor, termodinamika, persamaan keadaan, sifat - sifat gas, perpindahan kalor dan massa.

2. Kimia Dasar
Ada 2 kimia dasar nih. Anorganik dan Organik. Weh kok ada 2 banget ya? Kayaknya susah kak.. -_-
Hahahahah, take it easy again :D
Kimia organik ini lebih kepada bahan organik *iyalah kak -_- namanya juga kimia organik*
hahahaha gini - gini kimia organik ini mempelajari Reaktifitas senyawa organik, dan pengenalan kimia hayati dan aspek kimia lingkungan (Buku Panduan Akademik Program Sarjana, 2013), so itu mempelajari semacam aldehid, keton, alkena, alkuna, alkana, aromatik, dkk. Semua itu ada di bahan pangan. Contohnya nih ada di lemak, protein, karbohidrat, vitamin, dkk.
Nah kalo kimia anorganik itu lebih kepada teori atom, reaksi termokimia, unsur - unsur kimia dan cara pengukurannya (Buku Panduan Akademik Program Sarjana, 2013).

3. Matematika Dasar
Matematika dasar, uuiihh serasa balik ke SMA lagi nih, hanya saja materinya ndak sebanyak waktu SMA. Materinya antara lain adalah sistem himpunan dan bilangan pengantar hitung peluang, fungsi dan limit, vektor, matriks, persamaan linear (Buku Panduan Akademik Program Sarjana, 2013)
sebenernya ini untuk mengingatkan kalian aja, karena nantinya berfungsi di matakuliah di tingkat selanjutnya.

4. Pengantar Teknologi Pertanian
Nah, ini nih matakuliah yang memperkenalkan ke kalian apa sih TPHP, yang dipelajari seputar apa sih.
Di matakuliah ini dibahas segala macam bahan pangan secara umum hingga ke pengolahan yang sederhana. Contohnya ada kakao, teh, karet, tembakau, kecap, kopi, produk hewani dkk. Tapi semua itu masih sangat umum dan sederhana karena namanya aja pengantar pasti hanya untuk memperkenalkan aja, kalau pengen yang lebih lengkap dan detail nanti ada matakuliah di semester selanjutnya. ^_^
Di sini juga nantinya kita punya kesempatan kunjungan industri buat tau proses - prosesnya, tau cara pengolahan, dan yang pasti bisa buat cuci mata *eh salah fokus hahahah. Tapi ingat, dibalik kesenangan kunjungan industri, terbitlah laporannya juga. hahahah

5. Bahasa Inggris
Ah, kalo ini mah kalian uda pada jago kan ya? Dari kita kelas 1 SD uda dapat kan ya? Ya ndak jauh beda kok sama pelajaran bahasa Inggris pada umumnya. Bedanya cuma kalau di sini lebih aplikatif. Jadi saat nanti kita di suruh baca jurnal, kita ndak bingung untuk mengekstrak isi jurna tersebut. Jurnalnya pasti berbahasa Inggris, namanya juga kuliah bahasa Inggris hahahaha..

6. Biologi Sel
Wah kak, biologi kan hafalan semua, Banyak pula materinya pasti -_-
Wait, jangan pesimis dulu lah dek. Namanya biologi sel, pastinya kita hanya belajar tentang sel. Dari kenampakannya, bagian - bagiannya, metabolismenya, dll. Semuanya sudah pernah kita kenal di bangku SMA kok.. Ya kalau hafalan sih, biologi emang hafalan semua. But, think smart. Kita bisa pake logika untuk itu. jadi hafalannya ndak sebanyak yang kalian bayangkan. Ya susah sih mau pake logika, tapi kalau kita berusaha pasti bisa kok :)
Semua materi ini nantinya ada kelanjutannya di semester selanjutnya. so jangan disepelein ya..


7. Sifat Fisik Pangan dan Hasil Pertanian
Nah ini juga TPHP banget. Sesuai namanya, kita akan mempelajari sifat fisik pangan yang meliputi bentuk dan ukuran, warna, tekstur, viskositas, aktivitas air, emulsi, sifat termal, sifat powder, dan sifat kristalin; serta perubahannya selama pengolahan. Penting kan?

8. Pendidikan Kewarganegaraan
kalau ini adalah pelajaran penunjang sikap dan sifat kita. Yah ndak jauh beda dengan di SMA kok.. ada bayangan lah ya kalau matakuliah ini?

Q : wah kak, banyak ngetsss.. -_-
A : hahaha iya sih, di semester 1 ini sebenarnya kayak penyesuaian dari SMA ke kuliah *menurutku sih
ini semacam cara kalian beradaptasi dengan matakuliah.
Di semester ini memang kebanyakan materi SMA, tapi ada beberapa yang memang dipake untuk keberlanjutan studi di semester berikut - berikutnya.

Sepertinya sudah cukup nih ulasan tentang matakuliah di semester 1. kalau masih belum jelas bisa kok tanya - tanya, tapi maafkan kalau ternyata balesnya lama ya heheheh :D
Tetap semangat mempersiapkan masuk ke universitas yaaa...

14 komentar:

  1. Waaaaah mbaaaaa tphp angkatan 2015 kaaah(?) InshaaAllah aku mau ke tphp ugm juga tahun ini, doakaan yaaa mba^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku angkatan 2013 dek hehehe..
      amin amin.. semoga keterima yaa.. semangat..

      Hapus
  2. Mbak mau tanya, apakah di tphp ini terdapat beasiswa yang bisa membantu? mohon responnya.. terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak kok beasiswa, nanti tinggal kamu rajin2 buka web tentang beasiswa aja...

      Hapus
  3. kak mending ambil tekpang atau teknik indus pertanian? Bedanya apasih? Thank youu kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai.. maaf baru balas ya..
      sebenernya kalo di suruh pilih tergantung sama passion kamu. kalau kamu lebih suka ke pangan (seperti mulai nilai gizinya, pengembangan produknya, analisis mikrobiologinya, teknik pengemasannya, bahan mentah hingga diproses menjadi produk) ambillah jurusan tekpang. kalo teknik industri pertanian aku kurang tau. maybe lebih ke sistem dalam industrinya.

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Haha beberapa bulan kemarin pernah mampir blog ini, eh sekarang mampir lagi hehe, bedanya dulu masih jadi anak sma yg masih galau milih jurusan buat snmptn, Alhamdulillah sekarang udh jadi maba tphp ugm'17 hehe, salam kenal ya kak! btw review ppsmb agrophoria tahunnya kakak dong, dari acara2nya, dibentak mdc sampai tugas2nya, kepo nih wkw. Eh kakak angakatan 13 kah? congrats! mungkin sdh wisuda mei kmrn, atau masih sibuk penelitian seperti kakak saya yg angkatan ugm'13 juga? kalau iya, semangat deh kak! semoga diberi kelancaran aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiiii maaf ya baru bales di blog ini. Selamat sudah resmi menjadi mahasiswa tphp 2017 🙌🙌 perjuanganmu tak sia2 kan dek 😊
      Hmmm... Blm sempat aku cerita ppsmb agrophoria tahunku, kamu uda merasakan ppsmb ya? Hehe..
      Yups aku wisuda mei kemarin..
      Semangattt juga untukmu memperjuangankan segalanya di tphp ugm yaaa.

      Hapus
  6. Kak mau tanya, kalo peluang kerjannya tuh gimana dan dimana, maksudnya kayak di bidang apa gitu biasanya? Terimakasih😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiii.. Maaf ya baru sempat bales
      Hmm, dipostingan sebelum ini aku uda jabarin lengkap ttg tphp dek..
      Bisa di cek 😊😊

      Hapus
  7. Mb. Apa di tphp dulunya pernah ada yg dri jurusan lain atau mungkin yg dlunya ambil gap year? & apakah di tphp bisa ambil kuliah 3,5 thn? Terimakasih

    BalasHapus
  8. mbak,, mau tanya.. mbak dari semester 1 sampai lulus itu ambil sks apa aja?? bisa nggak mbak merincikan berapa sks per semester??

    BalasHapus
  9. Hai Kak, saya sebelum ini baca blog kakak dan menjadi tertarik untuk masuk ke tphp juga. Alhamdulillah sekarang jadi maba tphp'20 Kakkk. Sebelumnya saya mohon maaf tapi apakah Kakak berkenan untuk bercerita tentang prospek kerja apa yang cocok bagi fresh graduate tphp yang semisal mengambil mata kuliah pilihan pengemasan pangan? terima kasih banyak kakk<3
    Dan apakah selama belajar kakak pernah mengalami tekanan? terima kasih banyak kakk<3

    BalasHapus